The Famous Accountants


Jika berbicara tentang nama terkenal di dunia akuntansi, pasti kita tak lupa menyebut Luca Pacioli, sebagai orang pertama yang mendokumentasikan praktik double entry bookkeeping  di tahun 1492. Namun, siapa saja akuntan terkenal di masa sekarang ini? Saya berhasil mengumpulkan 8 nama dari luar negeri dan 2 nama dari Indonesia. Siapa saja mereka? Cek daftarnya berikut ini:
  1. John Grisham
    Bagi para pecinta novel, penulis A Time to Kiill,  the Firm dan the Pelican Brief ini tentu bukan nama yang asing. Tapi tidak banyak yang tahu, bahwa John adalah lulusan departemen Akuntansi dari Mississippi State University.
  2. Kenny G
    Peniup saksopohone dan musisi terkenal ini, lulus dengan predikat Magna Cum Laude dari departemen Akuntansi University of Washington. Kendatipun ia telah bermain saksophone sejak SMA, Kenny tetap merasa bahwa masa depannya akan lebih baik jika ia adalah seorang lulusan dari departemen Akuntansi
  3. Walter Diemer
    Mungkin tidak banyak yang tahu siapa dia. Namun Walter, yang pernah menjadi akuntan di Fleer Corporation tahun 1920an, di waktu senggangnya senang bereksperimen dengan banyak resep, sampai kemudian dia menemukan apa yang kita kenal saat ini sebagai permen karet (bubble gum)!
  4. Thomas Pickard
    Ada lebih dari 1,400 akuntan yang bekerja sebagai agen khusus di FBI (Federal Bureau of Investigation). Tak heran, jika orang nomor 2 FBI di tahun 1999-2001, Thomas Pickard, adalah seorang CPA dari New York.
  5. J.P. Morgan
    Pemilik dan pendiri investment banking terkenal di Amerika, JP Morgan Chase, pernah bekerja sebagai akuntan junior di Wall Street, sebelum berkarier di industri keuangan dan menjadi pionir di bidang jasa keuangan global.
  6. Alonso de Avila
    Hernando Cortes, seorang penjelajah terkenal Spanyol yang menaklukkan Kerjaan Aztec, memiliki akuntan kepercayaan bernama Alonso de Avila. Sebagai balas jasa atas kegigihan dan kesetiaannya, Hernando Cortes menjadikan Alonso sebagai walikota Veracuz – kini kita kenal sebagai Meksiko.
  7. Arthur Blank
    Pendiri Home Depot (perusahaan penjual alat-alat rumah tangga terbesar di Amerika) dan pemilik klub sepakbola Amerika Atlanta Falcons – memulai kariernya sebagai seorang akuntan. Di sela-sela pekerjaannya sebagai seorang akuntan ia bersama beberapa rekannya mendirikan toko kelontong kecil-kecilan. Toko tersebutlah yang kemudian melambungkan namanya sebagai seorang bilyuner terkenal.
  8. Gibby Haynes
    Vokalis band bergenre punk Butthole Surfers ini adalah seorang bintang kelas saat ia belajar akuntansi di Trinity Univerisity, San Antonio. Setelah lulus, ia bekerja menjadi seorang akuntan selama 1 tahun, sebelum akhirnya memutuskan untuk terjun total di dunia musik bersama grup band-nya.
Bagaimana dengan para akuntan terkenal di Indonesia?
  1. Bambang Sudibyo
    Mantan menteri Keuangan periode 1999 – 2000 dan Menteri Pendidikan Nasional 2004 – 2009 ini adalah seorang akuntan. Ia lulus dari departemen Akuntansi Universitas Gadjah Mada (UGM) tahun 1977 dan memperoleh predikat Guru Besar (Profesor) dari UGM di tahun 2001.
  2. Helmy Yahya
    Pembawa acara terkenal dan raja “reality show” ini adalah lulusan terbaik STAN (Sekolah Tinggi Akuntansi Negara) Program Diploma III dan IV. Selain itu, ia adalah pemegang gelar Master of Profesional Accounting dari University of Miami (Florida).

No comments:

Post a Comment